05:05
0

 Naik kereta api ... tut ... tut ... tut
Siapa hendak turut
Ke Bandung ... Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma
Ayo kawanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama
Cepat kretaku jalan ...tut...tut...tut
Banyak penumpang turut
K'retaku sudah penat
Karena beban terlalu berat
Di sinilah ada stasiun
Penumpang semua turun

Lirik Lagu anak diatas ternyata benar benar legendari dan menggambarkan suasana transportasi diIndonesia sekarang ini. Yang selalu penuh dan makin penuh bahkan musim lebaran , sebulan sebelum idul fitri tiket kereta api sudah ludes dipesan, baca disini banyak yang minat kereta api karena bebas macet tidak seperti mobil ataupun motor yang bakal usel uselan dijalan raya apalagi pas lebaran.

Sebagamaina kami kutip dari kereta-api.com, Perkeretaapian Indonesia mungkin belum mampu untuk memiliki kereta api supercepat layaknya ‘Shinkansen’ di Jepang atau ‘TGV’ di Prancis yang mampu mencapai kecepatan lebih dari 600 km/jam, weleh-weleh motor balap aja kalah jauh. Tetapi dengan teknologi dan sarana yang masih terbatas, Indonesia tergolong cukup beruntung karena memiliki kereta api yang bisa beroperasi dengan kecepatan yang mumpuni. Proyek Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3Ei) yang diperkirakan terealisasi tahun 2017 ini rencananya akan dibangun sepanjang 145 km dan memiliki 23 Stasiun. Selain cepat, kereta yang akan hadir di Makassar juga akan memiliki daya muat kereta api lebih besar ketimbang yang ada di pulau Jawa.Namun untuk saat ini, kereta tercepat di Indonesia masih dimiliki oleh kereta jenis Argo yang dioperasikan PT.KAI. Diantara yang tercepat yaitu kereta Argo Bromo Anggrek. KA Argo Bromo Anggrek merupakan kereta api tercepat, ternyaman, dan bergengsi di seluruh Indonesia dan merupakan kebanggaan Daop VIII Surabaya. Kereta api ini menempuh perjalanan sejauh 720 km selama 9,5 jam. KA Argo Bromo Anggrek dengan kapasitas 350 penumpang dengan membawa 7 rangkaian kereta kelas eksekutif . Argo Bromo Anggrek dapat mencapai kecepatan 120km/jam.

Kapankah Indonesia punya kereta api super cepat itu ya, karena kemacetan diindonesia sudah akut jadi butuh transportasi yang memadai, saat ini indonesia baru punya kereta api yang tercepat seperti di bawah ini







8 KERETA API TERCEPAT DI INDONESIA


NO Kereta api Jarak Waktu Kecepatan Rata-rata
1 Argo Wilis (Bandung-Surabaya) 699 km 11 jam 63,5 km/jam
2 Argo Sindoro (Gambir-Semarang) 445 km 5,5 jam 81 km/jam
3 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) 173 km 3 jam 57,6 km/jam
4 Argo Muria (Gambir-Semarang) 445 km 5,5 jam 81 km/jam
5 Argo Lawu (Solo-Gambir) 576 km 7,5 jam 76,6 km/jam
6 Argo Jati (Gambir-Cirebon) 219 km 3 jam 73 km/jam
7 Argo Dwipangga (Gambir-Solo) 576 km 8 jam 72 km/jam
8 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) 725 km 9.5 jam 76,3 km/jam



salam bikerzone 11

0 komentar:

Post a Comment