11:57
0

Malam semarak tahun baru dirayakan oleh seluruh dunia, namun didunia astronomi ada hal yang lebih menarik yaitu munculnya komet yang tepat pada 31 desember 2016 namun sayangnya masyarakat indonesia tidak akan melihat komet ini karena langit masih tertutup mendung, berikut beritanya dari detik
Com,

Lupakan sejenak kembang api, karena tepat pada malam pergantian tahun 2017 sebuah komet akan menghiasi langit malam. Pemandangan indah itu berasal dari Komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdusakova.
Dilansir dari CNN, Sabtu (31/12/2016), sebuah komet akan terlihat jelas melintas jelang malam tahun baru ini. Pemandangan indah itu bahkan bisa dilihat siapapun dengan menggunakan teropong bintang.
"Komet tersebut dapat diamati di belahan bumi bagian utara dan momen ini masih akan terlihat melintasi bumi hingga 15 Januari nanti," kutip CNN dari NASA.
Sebenarnya sejak 15 Desember lalu komet itu telah mulai nampak di langit sebelah barat, tetapi pada saat malam tahun baru ini lintasan komet akan terlihat jelas karena berada di dekat bulan.
Menurut NASA, perlu waktu sekitar 5,25 tahun agar komet ini bisa menyelesaikan orbitnya. Bahkan untuk pertama kalinya di tahun 2017, para astronom dapat melihat jelas penampakan komet itu sejak ditemukan pada tahun 1984.
"Komet bernama 45P yang akan muncul di tahun 2017 dapat terlihat dengan lebih baik dari hasil pemantauan di tahun 2016," ungkap NASA.
Selain komet 45P, pihak NASA juga mengonfirmasi bahwa akan ada dua hujan meteror yakni Ursids dan Gemids yang terjadi pada tahun depan. NASA menambahkan bahwa momen terbaik untuk menyaksikan hujan meteor Gemids ketika cahaya bulan tak nampak terlalu terang.
(Detik.com)

0 komentar:

Post a Comment