02:02
0
Ninja dan Honda, Sebuah istilah dunia otomotif yang menjadi 'dogma' yang salah
Ninja asli

Jaman sekarang masih ada dan juga masih banyak yang menyebut ninja untuk semua jenis motor kesannya seperti dogma / pemahaman yang sudah mengakar dimasyarakat. Seperti menyebut motor honda untuk semua jenis motor. Orang jawa banyak yang menyebut motor ninja 250 dengan sebutan honda balap ninja, mungkin karena faktor minimnya pengetahuan dan juga karena bahasa nenek moyang yang sudah turun temurun, juga pengaruh tontonan sinetron,  Sebelum orang mengenal merk kawasaki ninja orang dulu menyebutnya honda balap (motor balap). Padahal honda juga merk  bukan jenis motor.
  


kawasaki ninja 250 tunggangan si 'Boy'
 Di indonesia ini banyak orang awam kurang paham membedakan jenis motor dengan merk motor, contohnya orang jawa menyebut motor dengan honda, apapun merknya tetap disebut honda, kemudian jaman sekarang orang menyebut motor sport fairing alias bersarung, banyak menyebutnya ninja, padahal ninja itu merk, beda lagi istilahnya dalam dunia persilatan kalau ninja adalah seorang pendekar rahasia dari negri jepang. Mungkin karena pengaruh kawasaki di dunia otomotif khususnya sport fairing yang paling terkenal adalah merk ninja belum lagi dogma yang disebarkan oleh tontonan sinetron anak jalanan menambah kentalnya istilah ninja ini. jadi orang awam akan asal menyebut motor bersarung ini adalah motor ninja padahal pabrikannya selain kawasaki tetap dibilang motor ninja, hehehe..
 
Akan tetapi generasi sekarang juga sudah banyak yang tahu membedakan antara merk motor dan jenis motor. Mungkin karena pengaruh kemajuan teknologi dan juga pendidikan. Kenapa saya membahas ini karena sebuah istilah bukan hal yang remeh  karena bisa menjadi sebuah ukuran bagi kemajuan sebuah pemikiran bangsa, salam biker zone (bikerzone11.xyz)

0 komentar:

Post a Comment