07:56
0
Siapa yang tak kenal dengan motor Trail atau Motor Cross (Motor X) yang bisa trabas segala medan, Tapi kurang bagus buat aspalan karena bannya kotak kotak bakalan gronjalan kalau dipake diaspalan yang notabenenya medan keras materialnya dan halus permukaannya. Berbeda dengan trek tanah berpasir yang merupakan habitat dari motorcross itu sendiri. Nah, disini kita akan membahas ajang balapan garuk tanah di tanah trek berpasir ini. Di dunia ada banyak sekali nama ajang balap motorcross tapi yang paling bergengsi adalah MXGP. Motor yang dipergunakan di MXGP berbeda dengan yang di gunakan di MotoGP, MXGP menggunakan mesin kapasitas 450 cc 4 tak dan 250 cc 2 tak, berbeda dengan MotoGP yang mesinnya 1000cc. Karena motorcross butuh motor yang ringan dan bertenaga serta suspensi depan belakang yang kuat  dan panjang buat loncat loncat kayak jangkrik. Jadi tak ada balap motor trail lebih dari 450cc apalagi 1000 cc karena terlalu berat buat loncat dan biker bakal kuwalahan karena berat dari mesin dan motor itu sendiri.

Selain MXGP juga ada loh balap supermoto / Trail aspalan yang diberinama Supermoto S1. Yang merupakan balap supermoto yang paling bergengsi didunia.


Apa itu MXGP? 
 
Indonesia kemarin baru saja sukses jadi Tuan Rumah Ajang Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) sukses digelar di Pangkalpinang pada pekan lalu. Untuk menjadi tuan rumah MXGP selama tiga musim, Indonesia menggelontorkan dana untuk nilai kontrak hingga 1,8 juta euro, atau setara sekitar Rp25,6 miliar. Menurut Detik.com, event balap motocross paling elit di dunia. Sama seperti MotoGP, event ini juga berada di bawah FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme). Seri dunia motocross ini sudah berusia cukup tua, pertama digelar pada 1957 silam.

MXGP merupakan balap motorcross seri tertinggi di seluruh dunia. Sama seperti MotoGP, yang merupakan balap motor kencang paling tertinggi didunia. Memang balap motorcross tak seheboh balap motor di sirkuit aspalan. Tapi banyak juga peminat dan banyak juga antusias penonton dalam menyaksikan kejuaraan motorcross ini. Seperti halnya MotoGP, seri MXGP juga dibagi dalam beberapa kelas berbeda. Pada pertengahan dekade lalu event ini dibagi dalam dua kelas yakni MX1 dan MX2. Namun pada 2014 FIM memutuskan untuk melakukan perubahan: MX1 diubah menjadi MXGP, sementara MX2 bertahan dengan nama yang sama.

Apa perbedaannya MXGP dan MX2 ?

MXGP menggunakan mesin 2 tak berkapasitas 250cc hingga mesin empat langkah berkapasitas 450cc. Sementara kelas MX2 diperuntukkan bagi mesin dua langkah 125cc hingga mesin empat langkah 250cc.

Berapa Jumlah SERI nya ?


Untuk musim 2017 ini MXGP terdiri 19 seri. Balapan pertama digelar di Qatar pada 25 Februari lalu, yang dilanjutkan dengan seri kedua pada 5 Maret kemarin di Indonesia (Pangkalpinang).Musim balap akan ditutup di Prancis pada 17 September mendatang. Sama seperti Moto2 pada MotoGP, MX2 pun mengikuti jadwal MXGP. Yang menarik, Qatar dan Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia yang jadi tuan rumah seri balapan ini.Masing-masing sirkuit memiliki tantangannya masing-masing. Lintasan di Belgia dan Belanda terkenal dengan pasirnya yang dalam, sementara trek di Prancis memiliki karakter bebatuan dan tanah liat keras. Berbeda lagi dengan Argentina, yang punya lintasan tanah vulkanis.


Peraturan Balapan


Balapan umumnya dilangsungkan hari minggu, sementara sesi latihan dan kualifikasi dihelat sabtu. Sesi kualifikasi akan menentukan berada di posisi mana pebalap akan berada.Berbeda dengan MotoGP, balapan motocross menempatkan seluruh kontestan pada garis start sejajar. Pebalap yang mendapat hasil terbaik di kualifikasi berhak memilih di sisi (gate) mana akan memulai balapan.Pebalap posisi dua terbaik kualifikasi akan berada di sampingnya, pebalap tercepat ketiga ditempatkan di samping posisi dua. Begitu terus begitu sampai pemilik catatan waktu terburuk akan berada di sisi start yang berbeda dengan pemilik pole position.Setiap seri MXGP terdiri dari dua balapan. Masing-masing balapan tersebut berdurasi 30 menit plus dua lap.

Pebalap yang memenangi balapan akan mendapat 25 poin. Pebalap di posisi dua dan selanjutnya akan berturut-turut mengantongi 22, 20, 18, 16, 15, 14, 13, 12, 11, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, dan 1 poin.Karena setiap seri terdiri dari dua race, maka satu pebalap bisa mendapat nilai maksimal 50 (dengan asumsi dia menang di kedua race). Pemenang sebuah seri akan didapat dengan menjumlahkan poin yang diraih pada kedua race tersebut. Jika ternyata ada dua pebalap mendapat jumlah poin yang sama, maka hasil balapan kedua akan jadi penentu posisi.Pebalap dengan poin terbanyak di akhir musim akan dikukuhkan sebagai juara dunia.

Mana Yang Menentukan Juara, Mesin Motor Atau Skill Pembalap ?


Dibanding ajang balap motor lainnya, motocross diklaim sebagai event yang paling banyak menuntut kondisi fisik dan skill pebalap. Kondisi trek dengan segala tantangannya menuntut banyak hal dari setiap rider.Tentu saja, mesin yang disetting sempurna dan sesuai dengan gaya setiap rider, handling yang oke, serta suspensi juga punya peran sangat penting. Namun bagian paling vital berada pada teknik, kondisi fisik, serta kondisi psikologi dan kekuatan mental pebalap.

Pabrikan Apa Saja Yang Ikut di MXGP?


Mundurnya kawasaki di MotoGP tapi tidak berlaku diajang MXGP kawasaki tetap beraksi dengan motornya seri KX series juga Pabrikan-pabrikan motor top dunia banyak yang berpartisipasi di ajang MXGP ini. Ada KTM, Husqvarna, Suzuki, serta Honda dan Yamaha.Tim Gajser (Slovenia) keluar sebagai juara dunia musim 2016 lalu. Menunggang Motor Cross dari Honda dia unggul dari Tony Cairoli ( tim KTM). Kedua pebalap hanya terpaut 84 poin di klasemen akhir. Itu sekaligus jadi titel juara dunia kedua Gajser setelah pada 2015 dia meraih capaian serupa.

sumber : koran detik.com

0 komentar:

Post a Comment