06:13
0
 
Busi adalah salah satu komponen penting dalam motor anda. Jangan sampai disepelekan masalah penggantian busi sehingga merepotkan ketika motor anda tiba tiba mati ditengah jalan saat perjalanan jauh misalnya bahkan jika tak ada bengkel terpaksa kita harus capek-capek nyurung (dorong) motor berkilometer tentu hal ini sangat tidak diinginkan oleh pemotor dimanapun berada.

Kali ini bikerzona akan berbagai tips kepada anda tentang kapan waktunya ganti busi motor anda. Sebaiknya kita lakukan pengecekan busi jika tahu tahu sudah aus. Biasanya busi yang tidak segera diganti menimbulkan masalah seperti motor brebet atau motor susah distarter saat pagi hari. Idealnya ganti busi adalah pada saat motor sudah mencapai jarak 8000 - 9000 km bisa dihitung lewat odometer yang tertera pada motor, jika motor tidak punya odometer atau motor bodong maka cek kondisi busi jika bagian ujung busi sudah pendek harus segera diganti walau tidak terjadi gejala mbrebet.  

Biasanya gejala mrebet tidak hanya busi yang jadi penyebabnya tapi juga koil dan spull motor yang bermasalah juga menimbulkan gejala mbrebet. Apalagi karburator yang kotor jarang dibersihkan pasti menimbulkan gejala mbrebet pula. Jangan serta merta langsung beli busi baru karena mrebet tapi dicek dulu kondisi busi. Jika busi masih baru dicek pula bagian pengapian motor lain seperti CDI, koil spark, spull mesin, atau pulser yang sudah eror juga bisa jadi penyebab mbrebet. Nah demikian saja pertemuan kita kali ini semoga bermanfaat. salam bikerzona

0 komentar:

Post a Comment