Ini namanya koil gan |
ini namanya CDI standar |
Kali ini bikerzone11 akan berbagi tips kepada anda tentang cara cek kerusakan motor yang mati saat panas diawali mesin brebet brebet dan kemudian mati saat panas, saat distarter motor gak mau hidup dan kemudian mesin motor bisa hidup setelah nunggu beberapa menit, nunggunya sambil ngrokok dulu hahaha.. pengalaman saya pake motor tua saya begitu, ceritanya jalannya motor diawali tersendat-sendat bin brebet brebet dan mati saat mesin sudah panas, nunggu mesin dingin dulu sambil hisap sepuntung rokok yang barusan beli diwarung dan motor distarter eh nyala hati lega, tapi begitu jalan beberapa kilometer mesin is dead lagi, hadeh peluh keringat menetes, kemudian saya tanya teman saya yang hobi racing dan biasa oprek mesin begini kata dia. Oke kita simak tips dari pakarnya ;
Gejala cdi dan koil rusak :
- mesin mrebet kemudian mati saat panas cek kondisi cdi dan juga koil
- Mesin mati dan tidak mau hidup setelah jalan 2-3 km biasanya itu koilnya yang rusak.
- Kemudian mesin normal saat dingin dan motor brebet dan mati saat panas adalah CDI yang rusak, biasanya nunggu mesin dingin bisa dihidupkan lagi,
- beda kalau koil yang rusak mesin dingin atau panas setelah jalan beberapa kilometer akan mati sendiri secara mendadak mesin motornya.
- pada saat mesin putaran rpm tinggi atau digas penuh kemudian mrebet mrebet dan normal saat putaran mesin rendah atau diturunkan gas itu juga koil yang rusak udah mulai sekarat.
cara cek kondisi koil dan cdi yang rusak :
- copot kabel koil dari cop busi hubungan ke mesin tapi jangan sampe nempel jarak 3 mili saja, selah/starter motor kalau ada api tapi nyalanya lemah (berwarna merah) kemungkinan koilnya yang rusak, kalau nyala tapi kadang tidak warna api berwarna biru keputihan artinya CDI sudah sekarat dan bentar lagi mati. bahaya gan kalau tidak segera diganti
besok paginya saya nyari nyari bengkel yang jual cdi murah dulu seharga 25000 yang penting mesin hidup dulu setelah nabung beberapa bulan rencana mau beli CDI ori biar awet maklum motor buat harian kalau mati ditengah jalan dan dorong motor gak ada bengkel hadeeeeh.. serasa kayak tersesat di hutan belantara gan hehehe...
Kalau perlu ganti CDI Racing dan Koil racing biar tambah mantap tarikannya gan, busi standar udah cukup, busi racing hanya buat mesin drag bukan mesin harian, udah mahal malah mubazir gan. kalau busi, cdi, dan busi normal biasanya yang gak normal adalah pulser mesin gan, pernah gejalanya adalah mesin tersendat saat digas menengah sampai atas, dan normal saat digas diputaran rendah.
Tips
Kebetulan motor saya GL Pro series pengalaman beli CDI katanya CDI gl pro habis ya udah Bagi kamu yang punya motor Gl series atau supra fit series bisa subtitusi CDI punyanya Grand, selain murah banyak juga versi kwnya, maklum cdi versi ori mahalnya gak ketulungan, Oh ya CDI dan koil Astrea Grand juga bisa diaplikasikan untuk motor astrea Legenda, SUPRA FIT, REVO FIT, SUPRA X 100, Astrea Prima, GL 100, GL Pro Platina, GL Pro Black Engine, GL 145 cc. Langsung plug n play kayak flash disk tanpa ubahan soket.
Update saya pernah alami seperti ini saya ganti cdi dan koil udah selang beberapa bulan seperti ini lagi. Setelah dicek spull mesin gosong. Gulung ulang saja spull mesinnya biasanya lebih murah dibandingkan ganti baru.
CDI mau sekarat biasanya putaran atas tersendat. Koil busi mau sekarat biasanya setelah beberapa kilo berjalan tiba tiba mati sendiri gak nunggu mesin panas.
Salam bikerzone
Misi mastah..
ReplyDeleteMotor ane gl pro neotech, kalau langsam enak, tapi digas dikit dia brebet gk ketulungan,udh kyk motor drag.
Kalau ditarik atau dibetot skalian, tarikannya enak..
Karburator gk bisa di setel kering,basah mulu kyk mimpi..(hehee).
Bosen tiap bulan ganti busi mastah..
Mohon pencerahannya, apa yg lemah itu koil,busi,cdi, atau pulser? Atau karburatornya harus ganti? Soalnya isi karburatornya udh ane pake ori bawaan smua mastah..
Cara Mengatasi Mesin Motor Mrebet Dan Mati Saat Panas - Bikerzone11 - Infotek And Bikernews >>>>> Download Now
Delete>>>>> Download Full
Cara Mengatasi Mesin Motor Mrebet Dan Mati Saat Panas - Bikerzone11 - Infotek And Bikernews >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Cara Mengatasi Mesin Motor Mrebet Dan Mati Saat Panas - Bikerzone11 - Infotek And Bikernews >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK X0
karbunya soak gan ganti karbu pe aja pake kit tdr racing
ReplyDeletemesin mati saat panas dipastikan spull mesin gosong
ReplyDeletecdi soak biasanya grendet grendret diputaran atas , busi soak motor sulit dihidupkan, koil soak motor cuman jln berapa meter trus mati lagi, pulser soak motor brebet dan ndut ndutan putaran atas sampai bawah, motor ngempos ga mau nyala cek bensin ada yang tersumbat salurannya atau tidak.. kalau hanya karbu yang soak biasanya motor mbrebet saja ..gk sampai mati mesinnya kalau panas
ReplyDeleteGan,motor ane gl 100. Kenapa ya pas mesin panas udah jalan jauh, pas berenti tuh langsam langsum mati. Pas diselah hidup lagi.Koil udah ane ganti gan, apa mungkin koilnya udah lemah yaa?? Tolong masukannya gan. Tks
ReplyDeleteSory gan, maksudnya apa mungkin spoolnya udah lemah yaa? Kalo liat komen diatas kan gejala CDI mbrebet2. Kalo ane gak gan. Cuma pas berenti langsamnya mati, padahal pas mesin dingin langsamnya stabil.
ReplyDeleteSpull nya udah masanya diganti atau digulung ulang..sebelum itu cek karbu dulu
ReplyDeletegan ane punya karisma ni motor kalo panas mati kalo digas kaya yang habis bengsin kalo gas rendah /dilangsam normal ga mati.saya dah ganti bui kuil karbu dan yang terakhir cdi tpi pae lokal bakan x ganti semuanya sama pososi dingin hidup panas ga mau digas yg ada malah mati kira kiraapa tuh biangkeroknya
ReplyDeleteMotor sy Gl pro klau pagi enak lgsg hidup tpi klau jln berapa kilo meter agak nyendat kayak yg kekurangan bnsin trus mati.. cek setrum lgsg g ad nuggu brapa lma setrum ad lgi di setater lgsg hidup lgi.. mintak solusinya gan.. Trima kasih
ReplyDeleteGanti spul mesin
ReplyDeleteMotor ane megapro thn 2004 udh rubahan japstyle, setiap abis ngebut ane lepas gas pas pgn digas lgi malah brebet kira2 itu masalahnya darimana ya om? Makasih sebelumnya
ReplyDeleteAda yang tau ga ya apa sebab busi mati saat motor di geber, meskipun busi baru di geber langsung busi mati, tolong dong ??
ReplyDeleteMau tanya dong bang, ane punya motor shogun fl, piston udh ukuran 58, gejala motor di starter dia ngelos trus kalau nyala dia brebet gt kalau ga di gas mati, kalau di gass full tapi lancar, gejalanya kalau ga di gas dia brebet trus mati. Itu kenapa ya?
ReplyDeleteStelan angin kekecilan
DeleteSaya punya motor KLX, waktu dipakai perjalanan naik ke gunung. Motornya brebet". Gmna cara mengatasi?
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletePermisi gan, mau nanya juga ni gan.
ReplyDeleteMotor ny CS1, kendalanya kalau udah agak panas, dia brebet2 gtu gan, tapi ngk mati.setelah dimatikan mesinnya beberapa lama, baru balik normal lg gan. Kira-kira kendalanya apa t gan.?
Padahal aki sama busi ny udah d ganti baru gan.karbu ny jg udah d service.
Kalo udh ganti soul koil CDI sama pulser masih agak brebet padahal karburator aman apanya ya
ReplyDeleteGan motor ane vega r 2005 saat mesin udah panas atau perjalanan udah lumayan juh kok mesin suka ndut ndutan gitu, kira-kira apanya ia gan ??
ReplyDeleteMohon pencerahannya para master ....
ReplyDeleteMotor saya honda gl 100 cid tahun 1994 stang seher sama seher sudah diganti sama gl max, spull pake grand, dan karburator pe 28 74aach29....
Kenapa yaa kalo di pake jalan suka brebet dan mati, busi juga hitam basah juga cepet mati ...
Mohon pencerahan dan masukannya para master, matur suwun .....
Brebet kadang kombinasi stelan karbu sama knalpot gak cocok.. kalau udah pake knalpot racing harus open filter juga
ReplyDeleteMaaf gan mau sering niehh,,ane punya gl pro neotech,.ane gas rpm tinggi perjalanan +-1kg,,terusss ketika rpm di turunkan mesin motor ane seakan mau mati dan merembet seakan gas hilang,.gan.
ReplyDeleteMas saya mau nanya, motor pas panas brebet gamau naik ke rpm tinggi alias cuman jalan pelan, bensin juga setengah, nah pas bensin difullin brebetnya ilang alias normal lagi, itu krnapa ya mas?
ReplyDeleteMas mau tanya motor saya pke karbu gl spek mesin udh full tiger pas dijalanin itu dibuat pelan2 kok mbrebet yah? Apa karena karbunya kekecilan?
ReplyDeleteMaaf min mau tanya,ini saya pake motor honda beat lama.
ReplyDeleteKalau udah panas perjalanan udah jauh suka brebet,diem sebentar normal lagi tapi pas jalan lagi jarak 4 sampai 5 meter brebet lagi,tapi mesin ngga mati cuman gitu brebet terus,di gas sedikit brebet di gas kenceng apalagi motor malah brebet.
Kira kira kendala nya di komponen apa ya?
Beat karbu gas tengah brebet / telat respon.. kira2 kendalanya dmna bro?
ReplyDeleteMotor saya mx new, sama kejadian sperti di atas. Mesim Brebet klo udah panas. Disuruh ganti karbu, sudah saya ganti tpi sepertinya tetep saja...
ReplyDeleteMau nanya gan
ReplyDeletesya punya beat karbu
kalo di gas di rpm rendah kayak ada jeda(ngosong),telat respon,brebet
padahal karbu sya normal di mtor tmen, dan coil,cdi udah tes punya tmen jugak , tapi masih aja
smakin panas smakin parah jeda(ngosong)nya..
Kira2 yg terkait maslahnya dimna gan ??
Tapi anehnya mtor sya gak pernah mati walaupun perjalanan jauh..
ReplyDeletemaslahnya di brebet kayak jeda ngosong telat respon itu aja gan ??
Misi mas,saya ad kegala mio lama lw mesin dingin gas dikit,normal-2sja
ReplyDeleteTpi lw mesin panas, d gas dikit brebet... Dari apa ya ms gejalax
spull ente dah lemah
ReplyDeleteCara Mengatasi Mesin Motor Mrebet Dan Mati Saat Panas - Bikerzone11 - Infotek And Bikernews >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Cara Mengatasi Mesin Motor Mrebet Dan Mati Saat Panas - Bikerzone11 - Infotek And Bikernews >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Cara Mengatasi Mesin Motor Mrebet Dan Mati Saat Panas - Bikerzone11 - Infotek And Bikernews >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK