Anda yang punya kawasaki KLX tapi tidak puas dengan tenaganya, kesalip sama motor tua semacam gl pro atau gl max? hehehe.. ini dia ada resep bagus dari otomotifnet.com, yaitu dengan cara dibore up 15 cc apa saja senjata yang diperlukan, adalah steven seorang pemilik KLX mencoba upgrade tunggangannya agar lebih bertenaga. Ia meluncur ke bengkel Ultraspeed Racing (USR) dibilangan Jl.
Panjang, Jakarta Barat. Agar dapur pacu meningkat, diaplikasi
paket bore up keluaran Kawahara dengan diameter piston 62 mm (standar 58
mm) jadi andalan.
Total volume ruang bakar jadi 164,15 cc.Keuntungannya tinggal pasang tanpa perlu ubahan kata mekaniknya.Sedangkan karburator, tak lagi
mengandalkan bawaan standarnya. Pilihannya, jatuh ke Keihin PE 28 mm.
Agar asupan bensin ke ruang bakar lebih optimal, main jet naik pakai 115
dan pilot jet 42. "Kalau per kopling dan per klep, masih mumpuni pakai
bawaan standarnya,” lanjutnya. Area head silinder sama sekali enggak di
otak-atik, agar pengapian lebih optimal, CDI andalkan merk BRT tipe
Dualband. Giliran saluran buang, agar peredaran gas buang makin lancar,
mekanik yang hobby pakai celana pendek ini aplikasi knalpot CLD.
“Suaranya enggak terlalu nyaring tetapi tenaganya sangat terasa,” tutup
Opi.
Sebagai perbandingan, KLX dengan kondisi
standar didyno lebih dulu. Power tercipta, 13,54 hp/7.436 rpm. Lalu,
torsi 13,38 Nm/ 5.682 rpm. Setelah itu, paket upgrade dipasang.
Hasilnya, power tembus 16,33 dk/8.442 rpm dengan torsi puncak 14,83 Nm/
7.009 rpm. Selain itu, power band juga makin luas. wah siap buat racing supermoto nih gan.
Data Part Modifikasi
1. Piston 62 mm
2. Karbu NSR / PE 28 mm. main jet 115 dan pilot jet 42
3. CDI BRT dual band
4. Knalpot Racing CLD
5. Power meningkat 3 Hp. lumayan sekali buat motor 150 cc
6. Kalau ingin top speed meningkat tinggal ganti gear depan KLX ukuran 15 mata gir standarnya 14 mata, konsekuensinya akselerasi kurang galak.
7. motor bore up wajib pake pertamax gan
Salam bikerzone
0 komentar:
Post a Comment