02:48
0

 Jaman semakin canggih kecepatan internet makin meningkat pesat, dulu era 2g kecepatan cuma paling pol 50 kbps, sekarang era 4 g, pengguna bisa menikmati kecepatan internet hingga 50 Mbps, meningkat 1000 kali lipat kecepatan di era 2g, lalu karena kesenjangan sinyal ini diantara kita ada yang masih pake hape yang hanya support 2g, atau 3g apakah kita bisa menggunakan paketan super 4 g digunakan di hape kita ?



Tapi hal yang mengecewakan bagi kita adalah jawabannya adalah tidak bisa, karena kuota 4G hanya bisa digunakan untuk jaringan  4G itu sendiri, dan Hape kita harus support jaringan 4 G, berbeda dengan jaringan  3G yang bisa digunakan untuk jaringan manapun baik itu 2G, 3G atau 4G.Wah hape saya juga belum support 4g nih, hehehe sabar yah gan kita senasib, masih ada paketan 3 g di konter hape bahkan lebih banyak daripada paketan 4g. Seperti perdana 3, XL, Indosat juga masih jual paketan jaringan 3 G.


Berapa Kecepatan Jaringan Internet di indonesia?

Seperti diberitakan oleh techinasia.com berikut ini kecepatan 4g operator indonesia

Pertama, Telkomsel mengklaim jaringan 4G  saat resmi diluncurkan memiliki kecepatan rata-rata 72 Mbps. Seperti dilansir dari DroidLime, Telkomsel juga memilih Makassar karena meningkatnya konsumsi penggunaan layanan data hingga 166 persen pada Q1 2015 jika dibandingkan dengan Q1 2014.

Kedua Indosat. Dengan sumber daya di pita lebar sebesar 20 MHz di frekuensi 1.800 MHz, Indosat mengklaim mampu menggelar jaringan 4G LTE rata-rata 90 Mbps sampai 100 Mbps. Bahkan, Indosat mengklaim bisa mencapai kecepatan hingga 185 Mbps.

Ketiga XL. XL memiliki jatah kanal 22,5 MHz di spektrum 1.800 MHz setelah akuisisi Axis selesai tahun lalu. Dari jumlah tersebut, GM Corporate Communications Management XL Tri Wahyuningsih menjelaskan bahwa sebanyak 10 hingga 15 MHz dialokasikan untuk melayani pelanggan 4G LTE XL Axiata.Alokasi frekuensi yang besarnya bervariasi antar daerah inilah yang menjadi penentu bandwidth maksimum untuk 4G LTE. “Kalau lebarnya 10 MHz, speed-nya bisa sampai 70 Mbps. Sedangkan untuk 15 MHz, kecepatannya bisa tembus hingga 100 Mbps,” ungkap Tri masih dari sumber yang sama.

Keempat .3 / Tri . Seperti yang dilansir dari Kompas, anak usaha Hutchison Whampoa itu memegang kanal seluas 10 MHz di frekuensi 1.800 MHz. Dari total kanal tersebut, setengahnya atau 5 MHz akan dialokasikan untuk implementasi 4G LTE.Secara teori, dengan lebar 5 MHz itu, pengguna bisa merasakan kecepatan download 36 Mbps dan upload 8 Mbps. Namun kecepatan asli yang diterima pengguna bisa saja bervariasi tergantung dari perangkat dan situs jaringan 4G LTE itu.

Kelima Smartfren menggunakan dua teknologi LTE di jaringannya, yakni TDD-LTE yang berjalan di frekuensi 2,3 GHz dan FDD-LTE yang berjalan di 850 MHz. Untuk yang TDD-LTE disiapkan pada kota besar dengan kebutuhan akses data yang tinggi. Kecepatan 4G Smartfren yang berbasis TDD-LTE berada di kisaran mulai dari 2 Mbps sampai 100 Mbps.Sedangkan kelebihan FDD-LTE terletak di jangkauannya yang jauh lebih luas, namun kecepatannya memang tidak sama. Tapi Smartfren tetap menjamin kecepatan minimalnya sebesar 2 Mbps hingga 10 Mbps. 

salam bikerzone

0 komentar:

Post a Comment