07:18
2

Bukan saja membandingkan kecepatan motor-motor super cepat dan ber cc besar, kali ini bikerzone11.xyz akan membandingkan kecepatan jaringan 4 G operator selular di Indonesia, secara teori kecepatan 4G mampu mencapai lebih dari 100 Mbps ingat! Mbps (Megabit) bukan MBps (Megabita), karena 1 MBps adalah setara dengan 8 Mbps, jadi kalau dikonversikan  ke MBps adalah hanya sekitar 12,5 MBps. Jadi apakah selama ini kita ditipu operator ya jawabannya tidak itu hanyalah permainan istilah saja. Ukuran MBps sering dipakai di semua software browser internet seperti firefox, semisal ketika kita mendownload kenapa kecepatan cuma 1 MBps terbaca di browser, tapi ketika kita speed test maka menemukan angka 8 Mbps, memang begitulah beda MB dan Mb sudah membuat orang merasa bingung bagi orang awam. Apalagi merasa ketipu operator, itu sering di rasakan orang umum tapi sebenarnya tidak, kita tidak ditipu itu semua hanya permainan angka dan istilah, hanya sebuah bahasa promosi.Jadi ketika kita mendownload film misalnya dengan kecepatan 100 Mbps maka sebenarnya kecepatannya adalah 12,5 MBps. yang terteradi browser biasanya 12,5 MBps. 

Oke langsung saja masuk pembahasan, kita disini akan membandingkan kecepatan sebenarnya operator-operator penyedia layanan jaringan 4 G, sesuai apa yang saya dapat dari cnnindonesia yang melakukan pengetesan jaringan 4 g semua operator, berikut ini adalah grafik bergambar data kecepatan operator 4 G di indonesia.

Perbandingan Kecepatan Jaringan 4 G diwilayah paling strategis di Indonesia.  

Secara teori memang kecepatan 4 G harusnya minimal 100 Mpbs, tapi karena faktor alam, peralatan, dan jangkauan sinyal dan sebagainya kecepatannya turun naik bervariasi bahkan jauh dari 100 Mbps, dibawah ini operator terbaik untuk 4 G adalah Telkomsel mampu mencapai 64 Mbps saja, jadi cuma setengah dari kemampuan yang diharapkan. itupun diwilayah yang paling dekat dengan tower pemancat 4 G atau letaknya paling strategis dijakarta, jika kita menggunakan sinyal 4 G di daerah terpencil maka dipastikan kecepatannya sama saja dengan 3 G atau 2 G atau bahkan lost sinyal, secara teori sinyal terbaik dimanapun adalah sinyal 2 G menjangkau daerah manapun tapi sayangnya kecepatannya kecil sekali, untuk lebih lanjut kita nanti akan bahas kelebihan dan kekurangan 4 G itu apa. 

Menurut hasil tes yang dilakukan reporter cnnindonesia.com berikut ini adalah tabel kecepatan uji coba jaringan 4g LTE di Monas, Gambir dan Di Kelapa Gading.







Mana Yang terbaik ?

Dari data diatas dapat di simpulkan bahwa operator 4G LTE terbaik adalah Telkomsel yang mampu mencapai 63,93 Mbps  di kelapa gading, jika dikonversikan kesatuan MBps adalah 7,99 MBps atau dibulatkan 8 MBps. 

Peringkat Kedua adalah Xl axiata yang bisa mencapai 55,71 Mbps atau sekitar 6,96 MBps dibulatkan 7 MBps

Peringkat Ketiga adalah  Smartfren yang mampu mencapai 18,84 Mbps di Kelapa gading, atau sekitar 2,35 MBps

Peringkat keempat adalah  Indosat Ooredo yang mencapai 14,61 MBps di Monas, Jika dikonversikan satuan bit adalah 1,82 MBps

Peringkat kelima adalah Bolt yang mencapai kecepatan 0 Mbps alias lost sinyal atau tidak ada sinyal sama sekali diwilayah tersebut, maklum jangkauan bolt ini belum luas 

Kelebihan dan kekurangan jaringan 4 G

Saya disini singkat saja membahas yang terakhir ini karena sudah banyak yang membahasnya coba anda cari di google pasti sudah banyak,

Kelebihan jaringan 4 G LTE :

1. Sinyal Internet Kuat Diklaim mampu mencapai batas 100 Mbps

2. Untuk keperluan apapun dijamin singkat tanpa buffer semacam upload atau download video

3. Video streaming dan main game dijamin anti nge-lag atau lemot, serius bro mantap deh pokoknya klo wilayah anda ada jaringan 4 G nya.

 Kekurangan Jaringan 4 G LTE :

1. Infrastukstur lebih mahal daripada jaringan 3 G atau 2 G, sudah jelas dong masa yang lebih canggih lebih mahal. Makanya masih dikit wilayah yang tercover karena biayanya itu loh butuh modal gede daripada pendahulunya 3 G atau 2 G pasti lebih murah, makanya sinyalnya dimana-mana.

2. Jarak Jangkauan sinyal lebih rendah daripada 3 G dan 2 G, penjelasannya kalau tower 2G tower mampu mencakup radius  20 kilometer misalnya, sedangkan 3 G adalah 10 km, dan 4 G hanya sekitar 5-8 km. Kenapa bisa terjadi? secara sederhana bisa anda ibaratkan motor yang membawa beban berat akan melaju lebih lambat daripada motor yang tanpa beban. percuma kan saya disini menjelaskan secara teknis kalau anda tidak mudeng hehehe...

3. Kurang stabil, Jaringan 4 G diklaim paling tidak stabil daripada jaringan 3 G dan 2 G, sinyalnya lebih rentan. maklum lah yang lebih canggih biasanya lebih banyak kurangnya soal durabilitas, seperti ibarat hape nokia jadul kebanting banting masih bisa nyala, sedangkan coba smartphone anda kebanting paling layar LCDnya pecah atau minimal layar sentuhnya eror.

4. Masih sedikit wilayah yang tercover jaringan 4 G, jadi anda yang cuma ikut-ikutan tren nih beli hape 4 G dan perdana internet yang support 4 G tapi wilayah anda belum support jaringan 4 G itu sama aja buang buang duit hehehe...

5. Tarif lebih mahal, biasanya paket kuota 4 G lebih mahal dibandingkan 3 G dan 2 G, jelaslah modal yang dikeluarkan operator kan lebih besar maka tarifnya juga lebih mahal.

6. Harus beli hape yang support 4 G, asal anda ketahui bahwa kalau anda ingin menikmati sinyal 4 G tapi hape anda masih berteknologi 3 G maka sia-sia anda beli kuota haha.. soalnya gak nyaut gan. Beda dengan paketan 3 G yang bisa dipake semua jenis hape apapun bahkan nokia Gprs juga bisa menikmati selancar dengan 3 G. wah anda harus beli hape baru gan hehe,

Nah begitulah teknologi ternyata kecanggihannya tak seindah yang dibayangkan, sesuatu yang baru ternyata belum tentu menarik daripada yang lama, ternyata di indonesia ini sinyal 3 G masih lebih baik daripada 4 G karena jangkauannya lebih luas dan sinyal 4 G ternyata lebih banyak kurangnya daripada kelebihannya di negri kita ini, berbeda dengan luar negri yang permodalannya besar soal jangkauan wilayah bukan kendala lagi.

 Sekian dulu semoga bermanfaat. salam bikerzone







2 komentar:

  1. Kualek bos. Mb itu megabit, MB itu megabyte. 1MB = 8 mb. Harap dikoreksi bos.

    ReplyDelete
  2. thanks ...koreksinya gan

    ReplyDelete