01:59
0



 Kali ini kita akan membahas Perbandingan Harga dan Sepesifikasi KLX150 Offroad VS Viar Cross X 250, dua motor beda pabrikan yang satu lokal yang satu jepang, viar katanya memproduksi motor ini didaerah semarang dan kawasaki merakit didaerah karawang, sama sama diproduksi lokal, tapi soal harga beda jauh bahkan versi 250 cc harganya sama dengan KLX 150 cc, bahkan lebih mahal kawasaki KLX varian offroad. Kita disini akan membandingkan sepesifikasi dan performa serta harga dari dua produk motocross ini. Meski viar dikatakan sebagai produk cina yang merakit di Indonesia, tapi kualitasnya lebih baik daripada produk cina lainnya karena part-partnya juga mencomot dari produk jepang, thailand dan juga produk lokal indonesia, hanya sebagian kecil saja yang diimpor langsung dari cina.

 Kenapa kita disini membandingkan Viar cross 250 X bukan viar 150 X saja? hal itu karena harganya Viar Cross X 250 ternyata lebih murah daripada motocross KLX150 Offroad. Yang saya heran kawasaki versi offroad ini cenderung overprice karena justru lampu-lampu dan perlengkapan jalan raya dan sebagainya dicopot malah lebih mahal padahal hanya beda gear depan dan belakang saja dengan varian KLX150 L, dengan tujuan dapat torsi lebih besar, soal mesin masih sama. Kalau menurut hemat saya mending beli KLX150L yang lebih murah terus dipreteli dan ganti gear depan dan belakang supaya lebih liar torsinya,  Simak berikut perbandingannya :

A. Perbandingan Spesifikasi 

Spesifikasi KLX150 Offroad

Jenis: Air cooled, 4-stroke silinder tunggal
Bore x Stroke: 58 x 54,4 mm
Kompresi: 9,5: 1
sistem katup: SOHC, 2 katup
Sistem bahan bakar: Karburator PB20
Ignition: Digital DC CDI
Starting: Listrik
Power: 11,13 hp @ 8.000 Nm
Stroke: 12 Nm @ 6.500 rpm

Transmisi: 5 speed
final drive: Rantai
rasio primer reduksi: 2.860 (72/25)
rasio akhir reduksi: 4,385 (57/13)
Kopling: Basah pengguna multi-disk
Bingkai Jenis: bagian kotak Perimeter, tarik tinggi baja
Roda depan perjalanan: 190 mm
Roda belakang perjalanan: 200 mm
Tirus depan: 80 / 100-21 M / C 51m
Tirus belakang: 100 / 100-18 M / C 59 juta
Caster (menyapu): 27 derajat
Trail: 166 mm
sudut kemudi (kiri / kanan): 41 derajat / 41 derajat
suspensi depan: 33 mm telescopic fork
Suspensi belakang: Uni-Trak, aluminium kejutan tunggal
Suspensi belakang fitur: piggyback resevoir, preload adjustable, kompresi, rebound
rem depan: Single 220 mm, dual caliper piston
rem belakang: Single 190 mm, tunggal caliper piston
L x W x H: 2,005 mm x 790 mm x 1,135 mm
Wheelbase: 1.330 mm
Tinggi ketanah : 315 mm
Kursi hight: 860 mm
Bobot: 99 kg
Kapasitas bahan bakar: 5,8 liter

Spesifikasi Viar Cross X 250

    Tipe Mesin : 4 Langkah, SOHC
    Diameter x Langkah  : 77 x 53.6 mm
    Kapasitas Minyak Pelumas Mesia : 0.95 Liter pada penggantian periodik
    Kopling : Manual, Multiplate Wet Clutch
    Transmisi : 6 Kecepatan
    Stater : Electric starter & kick stater
    Sistem Pengapian : CDI - DC
    Volume Langkah : 249.6 cc
    Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
    Accu  : 12V - 8 Ah
    Daya Maksimum : 19KW atau 25,5 hp / 9000rpm
    Torsi Maksimum : 23N.m / 7000rpm

    Panjang x Lebar x Tinggi : 2120 x 810 x 1250 mm
    Jarak Sumbu Roda : 1440 mm
    Jarak Terendah Ke Tanah : 320 mm
    Suspensi Depan : Upside Down
    Suspensi Belakang : Monoshock Unitrack System
    Rem Depan : Disc Brake, Disc Plate uk. 240 mm
    Rem Belakang : Disc Brake, Disc Plate uk. 240 mm
    Ukuran Ban Depan : 80/100-21
    Ukuran Ban Belakang ; 100/100-18
    Berat Kosong : 126 kg
   Tinggi Tempat Duduk : 920 mm
   Kapasitas tangki Bahan Bakar : 6.7 Liter

Dari Data diatas tentu saja Viar Cross X 250 Jauh lebih unggul tenaga dan akselerasinya dibandingkan dengan Trail Kawasaki KLX. Hanya saja soal bobot Kawasaki lebih unggul karena bermesin lebih kecil.

B. Perbandingan Harga

- Harga KLX150 Offroad 35,9 juta atau 36 juta Motor ini dilepas tanpa surat tanda nomor kendaraan (STNK) OTR jakarta.  Bandingkan dengan KLX 150 BF yang dijual Rp 30,5 juta dan Rp 31,9 juta untuk versi special edition dan . Padahal suspensi KLXoffroad ini masih teleskopik Seperti KLX 150 L yang dibandrol Rp. 27,9 Juta. Hanya berbeda gear depan dan belakang saja. 14-47 untuk KLX150 L dan 13-57 Untuk KLX 150 Off road. dipastikan dengan mesin sama bakal mengorbankan topspeed. sehingga top Speed KLX150 offroad hanya sekitar 80 km/jam bandingkan dengan KLX150L yang mencapai 100 Km/jam racelogic. Menurut kami cenderung overprice. Padahal tanpa STNK dan tanpa kelengkapan jalan raya seperti lampu depan dan spion riting dll.

- Harga Viar Cross X 250 34,6 Juta OTR Jawa Tengah dipastikan harganya jauh lebih murah 1,3 jutaan, Viar dan Performanya pun jauh lebih unggul apalagi suspensi depan sudah upside down yang besar dan kuat buat trabas motocross. Lumayan uang selisih 1,3 juta bisa buat modifikasi lampu depan dan spion , ditambah lampu penerangan supaya bisa buat jalan dimalam hari seperti umumnya motor enduro.


C. Perbandingan top speed dan performa

Torsi jelas lebih besar Viar Cross 250 sehingga akselerasinya pasti lebih baik dan bertenaga untuk offroad.

- Viar Cross Bisa tembus sekitar  124 Km/jam racelogic karena mesinnya 250 cc
- Sedangkan KLX 150 Offroad Top Speed Hanya 80 Km/jam racelogic

oh ya keduanya tidak dibekali speedometer sehingga pengukuran bisa lewat gps atau racelogic.dari data diatas Viar Unggul dari Performa dan Juga harga. Hanya saja produk lokal tapi kualitasnya sudah teruji saat tes ride.

Kenapa Viar Lebih Murah?

Dari okezone, menurut Deputy Director Marketing Traingle Motorindo, Prinsipal Viar Motor Indonesia, Akhmad Zafitra Dalie, menjelaskan, bahwa motornya jauh lebih murah daripada produk jepang karena motor produksinya sudah diproduksi di dalam negeri.
 "Produksi di dalam negeri. Penggunaan komponen lokalnya juga sudah lebih besar. Memang di awal produksi, komponen masih banyak didatangkan dari luar, namun kelamaan sudah dominan. Setidaknya sudah 60-40 persen. Kalau merek lain kan produknya masih didatangkan dari luar. 

Ia melanjutkan, faktor lain yang membuat harga Viar lebih murah adalah agen pemegang merek (APM) lain masih membayar royalti ke prinsipal masing-masing, sedangkan Viar tidak.

Oke jika kita bukan fanatik merek tertentu maka Viar Solusi Nge-Trail Murah dan Kualitas Juga gak kalah dibandingkan produk jepang. kalau cuman buat trabas hutan atau libas jalanan rusak oke saja. Tapi kalau buat freestyle sampai motor terbang mending beli motor eropa deh hehehe.. seperti KTM atau Huqsvarna yang harganya diatas 100 juta tapi dijamin kokoh buat FMX atau freestyle motocross.


Salam bikerzone 11.








 



 

0 komentar:

Post a Comment