Rantai keteng alias rantai kamrat atau timing chain adalah rantai yang menerima putaran dari crankshaft atau blok mesin. Putaran tersebut digunakan untuk menggerakkan chamshaft di kepala silinder. chamsaft sering disebut juga noken as.
Seperti oli motor yang harus rutin diganti setiap bulan lalu kapan kita mengganti rantai kamrat atau timing gear, yang mengatur waktu pengapian mesin. Biasanya untuk motor baru gantinya setelah 5-8 tahun, tapi jika motornya terawat, jika kurang terawat 3-5 tahun harus ganti rantai karena sering telat ganti oli misanya. apa cirinya rantai kamrat harus diganti?
Ciri utamanya jika dibuka adalah kendor, sehingga terdengar suara berisik kletek kletek.. di blok head mesin. Kenapa bisa kendor? ya namanya besi juga bisa kendor atau memuai kalau jangka pakai waktu pakenya lama, gak cuman karet yang bisa kendor hehehe..
kendurnya rantai itu, memang tidak berpengaruh pada performa mesin motor. Namun demikian, efek yang ditimbulkan oleh kondisi seperti itu bisa fatal. Bagian dalam mesin bisa rusak. Bila itu terjadi, maka biayanya juga mahal, terang salah satu mekanik motor. Seperti kemarin karena motor saya motor lawas tidak ada tensionernya kalau kendor maka sangat berbahaya misalnya copot dari timing gearnya. akibatnya motor meski di starter jelas gak mau hidup lha wong rantai kamratnya ucul atau keluar dari gearnya.
Berapa harga rantai Kamrat
Untuk versi kualitas lokal biasanya harganya 70 ribu sampai 100 ribu, untuk kualitas super harganya diatas 200 ribu. masa pakainya pun untuk kualitas lokal hanya sampai 2 - 3 tahun sedangkan kualitas super bisa diatas 7 tahun. Tapi juga tergantung perawatannya seperti rutin ganti oli.
Salam bikerzone.
0 komentar:
Post a Comment