Perbandingan Power GSX R 150, CBR 150, Dan R 15 Versi Dynojet
Kita disini akan mebicarakan tenaga motor sport 150 cc, atau motor sport buat harian. Milik tiga pabrikan jepang, Diatas kertas power ketiga motor ini sebagai berikut :
Suzuki GSX R 150 GSX-R150 =19,1 HP @11.000 RPM dengan torsi 13,9 Nm @8.500 RPM
Honda CBR 150 = 17,1 HP @ 8,500 RPM dan Torsinya 13,7 NM @ 7.000 RPM.
Yamaha R 15 = 19,2 HP @10.000 RPM dan Torsi puncak mencapai 14.7 Nm @ 8500 RPM
Lalu bagaimana jika ketiga motor itu di tes dengan dyno jet? power dynojet biasanya lebih akurat karena diukur lewat putaran ban, sedangkan pabrikan mengukurnya dari putaran mesin. berikut ini data dyno jet versi otomotifnet perbandingan ketiga motor tersebut.
Power Suzuki GSX-R150
Digas sampai 10 kali, didapat tenaga terbaik GSX-R150 tercatat menyentuh angka 15,82 dk @10.000 rpm dan torsi 12,04 Nm @ 8.800 rpm. Terlihat grafik tenaga naik perlahan dari putaran bawah, sedang torsi baru menanjak signifikan di 6.000 rpm dan di 7.000 rpm kedua grafik bertemu.Asyiknya karakter mesin stroke pendek terlihat di sini, putaran maksimal bisa tinggi banget, terekam baru kena limiter di 12.500 rpm, sedang di takometer kelihatan sampai 13.000 rpm. Istimewanya grafik tenaga dari 9.000 rpm sampai kena limiter bisa rata. Sedang torsi mulai menurun di 9.000 rpm.“Setingan ECU-nya bagus nih, grafik tenaga atasnya bisa rata gitu enggak menurun,” komentar Koko Adiyaksa, dari Sportisi Motorsport yang membantu ngedyno.
Power R 15
Karena belum ada unit baru atau keluaran 2017 yang bisa di tes maka R 15 versi lama akan di bandingkan disini. Diukur di dyno yang sama dan kondisi sama standar pabrik dengan bahan bakar Pertamax, R15 14,17 dk@8.900 rpm dan 12,76 Nm@7.000 rpm.
Power CBR 150
Juga dites dengan dynamometer yang sama All New CBR150R ternyata tenaga maksimalnya 14,77 dk/9.200 rpm dan torsi 12,59 Nm/7.200 rpm. Kedua motor ini R 15 dan CBR 150 karakter mesinnya stroke dan bore nya hampir seimbang atau mesin square. Raihan tenaga juga di putaran lebih rendah, dan tentu saja torsi lebih besar karena momen puntir dari stroke yang panjang memang besar.
Jadi suzuki GSX R 150 adalah motor sport termurah dan tenaga nya terbaik diantara dua pesaingnya, gimana gan ? suzuki sekarang sudah mulai menunjukkan taringnya di segmen sport, setelah lama suzuki dibully karena memproduksi motor banci sport125 cc tenaga bebek cub hhhehe...
refrensi, otomotifnet
0 komentar:
Post a Comment